VISI DAN MISI SMP CHARITAS BATAM
VISI MISI SMP CHARITAS
VISI
“Komunitas
Pendidikan yang transformatif, cinta kasih dan bersaudara"
MISI
1.
Mewujudkan
komunitas pendidikan yang transformatif dengan cerdas, inovatif, proaktif, dan
peduli lingkungan.
2.
Membangun
komunitas pendidikan yang berbudaya cinta kasih dengan sikap gembira sederhana,
sukacita, doa, dan korban.
3.
Mengembangkan
komunitas pendidikan yang bersaudara dengan sikap inklusif ( lawan kata individual)
, plural, integritas(jujur & karakter kuat), dan sinergi(mitra).
·
Pembelajar
Sepanjang Hidup yang mandiri yang diperlihatkan dengan kempuan mencari serta
memproses informasi untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·
Siswa yang tidak
hanya akan dilatih menjadi pribadi yang mandiri,namun juga harus mampu
berkomunikasi dengan orang lain, secara aktif,efektif dan santun dalam Bahasa Indonesia
maupun bahasa Internasional (bahasa inggris ataupun bahasa Mandarin) baik
sebagai anggota kelompok atau pemimpin kelompok.
·
Siswa yang mampu
berpikir kritis dan kreatif,memiliki pribadi yang bertanggung jawab terhadap
tugas yang diberikan,mampu menentukan standar dan strategi yang tepat
menyelesaikan tugas secara konsisten dan mampu mempertanggungjawabkan.
·
Siswa yang
berjiwa seorang entrepreneur dan mampu bersaing di era globalisasi yang sarat
dengan kompetensi ICT (information,Communication & Technology) sehingga mempunyai
ketrampilan menggunakan sarana ICT untuk mendukung studi lebih lanjut.
·
Strategi yang
dilakukan guru dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya ketika melaksanakan
pembelajaran online, guru dapat memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan doa,
menanyakan kabar, menanyakan kebiasaan baik yang sudah dilakukan, dan hal lain
yang memungkinkan dilakukan termasuk disiplin atau tepat waktu ketika pertemuan
online, mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai petunjuk.
·
Sementara untuk
yang offline, masih ada kesempatan untuk pendidikan karakter, misalnya dengan
meminta siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, siswa melaporkan kebaikan apa
yang dilakukan sehari-hari (dengan membuat catatan kebaikan, misalnya membantu
orang tua membersihkan rumah, membereskan tempat tidur, merapikan barang, dan
lain sebagainya). Penanaman sikap disiplin, tanggung jawab dan jujur tetap bisa
dilakukan. Pintar-pintarlah guru mencari strategi yang tepat sesuai kondisi
anak didiknya masing-masing.
·
Dan yang
terpenting lagi adalah kerjasama guru dengan orang tua, baik itu melalui
FORSIS, maupun langsung dengan orang tua siswa, bila ada program atau masalah
yang dhadapi oleh peserta didik.
Pada kurikulum 2013 peserta didik
diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu
Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity
and Innovation). Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad
21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan
ketrampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan Pendidikan
Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiositas,
nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan
berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori.
Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu
dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis,
logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi
sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia.
Comments
Post a Comment